You Are Reading

0

Makalah Tentang Chopper DC Ke DC

B EC MANDIRI '09 Rabu, 15 Juni 2011
   Chopper DC pada dasarnya merupakan regulator mode pensaklaran yang berfungsi untuk mengubah tegangan DC yang tidak teregulasi menjadi tegangan keluaran DC yang teregulasi. Hasil tegangan keluaran chopper dapat lebih besar ataupun lebih kecil dari tegangan DC sumbernya, hal ini tergantung dari jenis rangkaian mode pensaklaran yang digunakan.

    Pada penelitian ini, akan dibuat sebuah chopper dengan tujuan untuk memperlihatkan hasil gelombang keluaran dari chopper dengan melakukan pengamatan melalui osiloskop. Pengerjaan penelitian ini dititik beratkan pada pembuktian gelombang hasil keluaran dari chopper.


     Dengan dibuatnya chopper ini diharapkan dapat membantu terlaksananya praktikum elektronika daya pada laboratorium konversi energi elektrik, khususnya praktikum chopper step-up dan chopper step-down.
Hasil dari penelitian ini dapat mengetahui cara kerja chopper dan bentuk gelombang keluaran yang dihasilkannya.


Referensi
  • Bishop, Owen, 2002,  Dasar-Dasar Elektronika, Erlangga, Jakarta
  • Floyd dan Buchla,1999, Fundamentals of Analog Circuits, Prentice Hall. USA.
  • Rasid, Muhammad H, 1999, Elektronika Daya  jilid 1. PT. Prenhallindo, Jakarta.
  • Wardhana, Lingga, 2006. Belajar Sendiri Mikrokontroller Seri ATmega8535. Penerbil Andi. Yogyakarta. 
  • Winoto, Ardi. 2008. Mikrokontroller AVR Atmega8/32/16/8535 dan Pemrogramannya dengan Bahasa C pada WinAVR. Informatika. Bandung.



Selengkapnya, Silahkan Klik gambar di bawah ini untuk Download

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Disini

WELCOME TO B EC MANDIRI '09 SILAHKAN ANDA JALAN-JALAN DALAM BLOG INI SEKALIAN MENCARI ILMU PENGETAHUAN YANG ADA DALAM BLOG INI | UNTUK DAFTAR ISI SILAHKAN ANDA KLIK DISINI | SEKARANG B EC MANDIRI MENYEDIAKAN FREE POSTING UNTUN TEMAN-TEMAN YANG INGIN MENYALURKAN BAKAT NULISNYA DALAM BLOG INI, SILAHKAN TEMAN-TEMAN KIRIM ARTIKEL, TULISAN ATAUPUN YANG LAIN KE SINI DAN ISI DATA LENGKAP | TERIMA KASIH ATAS KNJUNGAN ANDA DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTARNYA YA
 
Copyright 2010 B EC MANDIRI '09