You Are Reading

0

String Pengenalan Nama, BP dan Kelas (Dasar)

B EC MANDIRI '09 Senin, 27 Juni 2011
Bismillah,,,
Kali ini kita akan membahas kembali tentang pemrograman dengan menggunakan bahasa C / C++, walaupun mungkin teman-teman sudah mengerti tentang pemrograman dengan visual C / C++ ini. Tapi apa salahnya kita membahas kembali untuk mengingatkan kembali pelajaran yang telah kita pelajari. 
Baiklah, Sebelumnya saya akan menjelaskan dulu apa itu visual C / C++. 
"C++ adalah bahasa pemrograman komputer C++ dikembangkan di Bell Labs (Bjarne Stroustrup) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bell labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal1980-an, Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).
Perbedaan Antara Bahasa pemrograman C dan C++ meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam sub-masalah yang lebih kecil, Selain itu, C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class". Refensi
Oke, saya rasa cukup penjelasannya tentang Visual C tadi, dan kali ini kita akan membuat contoh program sederhana (Dasar) dengan menggunakan visual C tersebut yaitu String pengenalan Nama, BP, dan Kelas menggunakan perintah printf.
Berikut adalah contoh programnya



Adapun langkah pembuatannya yaitu
  1. Jika pada menu utama telah tersedia program Visual C + + kita cukup mengklik program tersebut 2 kali.
  2. Klik file lalu klik New ambil workspase pilih lokasi sesuai folder yang kita inginkan untuk menyimpan.
  3. Setelah dipilih lokasi penyimpanan lalu beri nama atau judul workspase tadi.
  4. Setelah itu pilih subab ambil project pilih WIN 32 CA lalu add kan dan beri nama project tadi sesuai keinginan anda.
  5. Setelah itu pilih source file dan ambil project lalu beri nama sesuai dengan keininan anda.
  6. Ambil project tersebut lalu ketik sesuai dengan rumus untuk string. setelah  selesai, klik compile pada toolbar diatas dan ketik build lalu execute program. setelah itu kalau hasil belum keluar berarti program belum berjalan atau error maka periksa ketikan rumus. kalau belum benar perbaiki lagi sampai benar baru keluar hasil nya.
Berikut tampilannya setelah di compile...
Contoh String Nama, BP dan Kelas Menggunakan Visual C++
Jika seandainya hasil compiler nya tidak mau tampil berarti pada program anda terdapat error, coba cek kembali program yang anda buatkan tadi.

Dan untuk source code visual C nya bisa anda download di bawah ini


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Disini

WELCOME TO B EC MANDIRI '09 SILAHKAN ANDA JALAN-JALAN DALAM BLOG INI SEKALIAN MENCARI ILMU PENGETAHUAN YANG ADA DALAM BLOG INI | UNTUK DAFTAR ISI SILAHKAN ANDA KLIK DISINI | SEKARANG B EC MANDIRI MENYEDIAKAN FREE POSTING UNTUN TEMAN-TEMAN YANG INGIN MENYALURKAN BAKAT NULISNYA DALAM BLOG INI, SILAHKAN TEMAN-TEMAN KIRIM ARTIKEL, TULISAN ATAUPUN YANG LAIN KE SINI DAN ISI DATA LENGKAP | TERIMA KASIH ATAS KNJUNGAN ANDA DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTARNYA YA
 
Copyright 2010 B EC MANDIRI '09